Rabu, 03 Desember 2008

SOAL KINEMATIKA

1. Sebuah mobil yang bergerak dengan laju 45 km/jam mengalami perlambatan 0,5 m/s2 hanya dengan melepaskan injakan pada pedal gas.
a.) Hitunglah jarak yang ditempuh mobil sejak pedal gas dilepas hingga berhenti.
b.) Hitunglah waktu yang diperlukan sejak pedal gas dilepas hingga berhenti.
c.) Hitunglah jarak yang ditempuh mobil dalam 1 s dan 4 s pertama sejak pedal gas dilepas.

2. Perhatikan gambar di bawah ini. Sebutkan pada saat manakah kecepatan benda positif, negatif, dan nol?


3. Soal :


Tentukanlah :
a. percepatan benda pada berbagai selang waktu
b. Perpindahan benda antara t = 20s sampai t = 80s
4. Seorang remaja melakukan perjalanan sejauh 180 km dengan mengendarai mobil. Pada sepertiga jarak tempuh yang pertama ia melalui jalanan biasa, kemudian melalui jalan tol pada sisa perjalanan berikutnya. Laju rata-rata mobil pada jalanan biasa 60 km/jam dan waktu tempuh perjalanan seluruhnya 3 jam. Hitunglah laju rata-rata mobil pada jalan tol!
5. Sebuah mobil mula-mula bergerak dengan kecepatan 10 m/s, kemudian dipercepat sebesar 2 m/s2 selama 4 detik. Jarak yang ditempuh mobil selama percepatan tersebut adalah ……
6. Perlambatan maksimum yang dapat dicapai sebuah mobil pada sebuah jalan yang basah adalah 5 m/s2. Mula-mula mobil bergerak dengan laju 100 m/s. Tentukan jarak minimum untuk menghentikan mobil bila diukur dari tempat rem mulai diinjak. Berapakah waktu tempuh untuk jarak tersebut?
7. Laju lepas landas (take off) sebuah pesawat adalah 30 m/s. Berapakah percepatan pesawat sepanjang landasan jika tepat saat lepas landas pesawat sudah bergerak sepanjang landasan sejauh 150 m? Berapa lama pesawat bergerak sepanjang landasan sampai lepas landas?
8. Sebuah mobil mengalami percepatan sehingga lajunya berubah dari 12 m/s menjadi 25 m/s dalam 6 s.Berapakah percepatan mobil?Berapa jarak yang di tempuh mobil selama selang waktu tersebut?
9. Sebuah mobil mula-mula memiliki kecepatan 72 km/jam. Kemudian, mesin mobil dimatikan sehingga mobil berhenti dalam waktu 40 menit. Perlambatan mobil tersebut adalah...
10. Perhatikan pernyataan berikut :
a. Makin cekung kurva x-t maka makin besar laju benda.
b. Makin cekung kurva x-t maka makin besar percepatan benda.
Manakah pernyataan yang berkaitan dengan GLBB?
11. Sebuah benda melewati titik asal koordinat pada saat t=0 denga kecepatan 21m/s ke kanan. Benda tersebut memiliki percepatan konstan. Setelah 12 menit benda tersebut bergerak ke kiri dengan kecepatan 15 m/s.
a. Hitunglah percepatan benda
b. Tentukan posisi benda saat t=12 s
c. Tentukan perpindahan maksimum benda diukur dari titik asal koordinat dalam selang waktu 12 s tersebut
12. Seorang pemain bola basket dapat menggapai tempat yang tingginya 2 m ketika ia berdiri. Dengan laju awal berapa pemain tersebut harus melompat agar dapat menggapai ketinggian 2,4 m?
13. Seseorang meloncat dari lantai empat sebuah gedung yang tingginya 15 meter ke sebuah jala penyelamat. Ketika mencapai jala, maka jala akan mengalami perengangan ke bawah sejauh 1 meter. Berapa percepatan yang dialami orang tadi sejak menyentuh jala hingga berhenti?
14. Rizal dan Heru bersiap-siap untuk berlari dari posisi start yang sama. Rizal berlari lebih dahulu dengan kecepatan 7,2 km/jam. 2 menit kemudian, Heru berlari dengan kecepatan 18 km/jam. Rizal akan tersusul oleh Heru setelah keduanya menempuh jarak ...
15. Sebuah batu dijatuhkan dari tebing yang dibawahnya terdapat laut.
Selang 3,4 s kemudian terdengar bunyi batu yang menyentuh permukaan laut.
Jika cepat rambat bunyi di udara 340 m/s, berapa tinggi tebing?
16. Sebuah helikopter bergerak vertikal ke atas dengan kecepatan 5,5 m/s. Pada ketinggian 105 m dari tanah sebuah paket dijatuhkan dari jendela heli tersebut. Berapa waktu yang diperlukan paket tersebut untuk mencapai tanah?
17. Sebuah batu dilempar vertikal ke atas dengan laju 20m/s.
a. Berapa lama batu bergerak ketika ketingginnya 12 meter?
b. Berapa waktu yang diperlukan batu untuk mencapai ketinggian ini?
c. Ada berapa jawabannya? Mengapa demikian?
18. Dalam kondisi bagaimana sebuah benda memiliki :
a. percepatan tetapi tidak memiliki kecepatan,
b. percepatan tetapi lajunya konstan,
c. kecepatan tetapi tidak memiliki percepatan,
d. percepatan yang berubah terus-menerus.
19. Sebuah bola dilemparkan vertical ke atas, jika waktu untuk pelemparan 4 detik ternyata bola mencapai ketinggian maksimum tentukan :
a. kecepatan awal pelemparan
b. kecepatan bola saat turun pada ketinggian 4 m dari tanah
20. Dari sebuah jembatan yang tinngi di atas sungai sebuah batu dijatuhkan. Waktu yang diperlukan batu jatuh dari atas jembatan sampai mencapai permukaan air adalah 3 s. Hitunglah : a. ketinggian jembatan diukur dari permukaan air sungai
b. kecepatan batu saat akan mencapai permukaan air

Tidak ada komentar: