Rabu, 03 Desember 2008

Soal Gerak Melingkar
1) Mengapa pada gerak melingkar, kecepatan linear disebut sebagai kecepatan tangensial dan percepatan linear disebut juga sebagai percepatan tangensial ?
2) Benarkah perpindahan sudut termasuk besaran skalar ? jelaskan !
3) Kecepatan putaran roda motor saya adalah 10 m/s. Bagaimana tanggapan anda akan pernyataan tersebut ?
4) Satu putaran = 360o. Setengah putaran = …….. radian ?
5) 2 rad = …… o ?
6) Jarum speedometer pada sebuah mobil menunjukkan angka 60 rpm. Apa maknanya ?
7) 10 rpm = …….. rad/s ?
8) Jika semakin jauh suatu titik dari pusat lingkaran, bagaimana dengan kecepatan sudut pada titik tersebut ?
9) Jika semakin dekat suatu titik dengan pusat lingkaran, bagaimana dengan percepatan linear pada titik tersebut ?
10) Ketika sebuah roda dengan jari-jari R berputar terhadap porosnya, apakah setiap titik pada roda tersebut memiliki kecepatan tangensial yang sama ? jelaskan !
11) Berapa kecepatan sudut arloji alias jam tangan anda ?
12) Diketahui jari-jari bumi = 6380 km. Berapa kecepatan sudut bumi ?
13) Baling-baling sebuah helikopter memiliki diameter 4 m melakukan 1000 putaran dalam 30 detik. Berapakah jarak yang telah ditempuh oleh sebuah titik pada tepi baling-baling tersebut ?
14) Roda sebuah mobil memiliki jari-jari 30 cm. Jika sebuah titik pada tepi roda telah menempuh 600 meter, berapa jumlah putaran yang telah ditempuh roda tersebut ?
15) Sebuah roda berputar dengan kecepatan 210 rpm. Hitung kecepatan linear suatu titik yang terletak pada 10 cm dari pusat roda !
16) Sebuah roda yang berdiameter 100 cm berputar dengan kecepatan sudut 900 rpm. Berapakah kelajuan tangensial pada sebuah titik di tepi roda tersebut ?
17) Sebuah katrol memiliki diameter 10 cm. Kecepatan sudutnya berubah dari 10 putaran/detik menjadi 30 putaran/detik selama 10 detik. Berapakah percepatan sudutnya ?
18) Sebuah roda berjari-jari 20 cm berputar pada porosnya. Dari keadaan diam, kecepatan sudutnya berubah menjadi 100 rpm selama 10 detik. Berapa percepatan sudut roda tersebut ? hitung juga percepatan tangensial pada tepi roda !
19) Sebuah kipas angin berputar dengan kecepatan 500 rpm. Hitung kecepatan sudut dalam satuan rad/s ! Jika panjang baling-baling kipas angin 40 cm, berapa kecepatan linear pada tepi baling-baling ?
20) Bila jari-jari roda mobil adalah 40 cm dan ternyata digerakkan pada interval waktu tertentu pada kelajuan 40 km/jam. Hitunglah berapa frekuensi putaran roda mobil tersebut

Tidak ada komentar: